Minggu, 21 Mei 2023

Jurnal Refleksi dwimingguan 11

 


Jurnal  refleksi dwimingguan 11

Tidak terasa kami sudah menyelesaikan modul 3.2. Dan saat penyusunan jurnal dwimingguan 11 ini kami berada di  modul 3.3.

 

1. Fact

Modul 3.2 merupakan salah satu modul yang harus dikerjakan dengan sepenuh hati, pikiran terbuka. Seperti diketahui, modul 3.2 membahas mengenai sumber daya yang ada di sekolah. CGP dituntut untut bisa memetakan 7 modal yang ada di sekolah.

Pada tanggal 8 Mei 2023, Fasilitator mengingatkan CGP untuk menyelesaikan demonstrasi kontekstual.  Kegiatan Dekon berupa melihat tayangan video, kemudian CGP  diminta untuk menemukan prakarsa perubahan yang ada dalam tayangan menggunakan tahapan BAGJA. Laporan dapat dituliskan dalam bentuk narasi atau video.

Pada hari Rabul 10 Mei 2023, CGP diminta untuk menyelesaikan Koneksi Antar Materi. Pada hari itu juga dilaksanakan meet elaborasi pemahaman, dengan instruktur bapak Dadang Darmawan dari Ciamis. Diskusi berlangsung sangat menarik, karena masing-masing CGP berkesempatan memberikan jawaban pertanyaan yang diberikan.

Pada tanggal Senin 15 Mei 2023, Fasilitator mengingatkan CGP untuk mulai membaca modul 3.3, membaca  Mulai dari Diri, eksplorasi konsep mandiri. Modul 3.3 membahas mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid.

Mulai tanggal 16 Mei, dibentuk kelompok untuk membahas eksplorasi mandiri secara diskusi di LMS. Saya mendapat kesempatan untuk sekelompok dengan ibu Anis, Pak Agung, dan ibu Ida. Kami diminta merancang kegiatan dengan tema besar pengelolaan program yang berdampak pada murid.

 

2. Feeling

Senang dan gembira, tentunya CGP rasakan. Tidak terasa sudah hampir selesai perjalanan program gurupenggerak ini. Banyak ilmu yang sudah dipelajari. Interaksi dan diskusi yang selama ini dirasakan membauat saya bangga, bahwa kedewasaan berfikir dan bergerak, diperlukan oleh CGP penggerak dalam turut berperan di komunitasnya.

Sehubungan dengan materi pengelolaan sumber daya, saya yakin bahwa dengan kolaborasi yang baik di sekolah, kita mampu menemukenali hal-hal baik yang ada. Alih-alih mencari kekurangan yang pasti selalu ada dan dianggap sebagai penghalang.

Pada kesempatan ini juga saya merasa senang, Ketika harus berdiskusi di ruang maya secara asinkron. Kami belajar untuk menunggu jawaban atas sebuah pertanyaan yang tak kunjung dijawab, karena kesibukan CGP yang lain. Salah satu hasil dari belajar asinkron adalah bersabar.

 

3. Finding 

Banyak ilmu yang saya pelajari dari dua pekan ini. Belajar mengenai pentingnya berfikir positif terhadap kelebihan yang ada membuat saya sadar, bahwa energi yang terbuang dari berfikir positif atau berfikir negative itu sama, namun hasil yang didapatkan jauh berbeda.

Dengan belajar BAGJA saya juga makin paham bahwa dalam pengelolaan program sekolah hendaknya berangkat dari Buat Pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, hingga Atur eksekusi. Dari ekplorasi konsep, kami juga belajar untuk bertanya dengan pertanyaan yang berbobot seperti pada alur TIRTA, dimana dalam diskusi tidak hanya meminta jawaban YA atau TIDAK, sehingga diskusi berjalan baik.

Kaitanya dengan program yang kami rancang, berupa “makanan tradisional warisan leluhur”. Kegiatan yang ada berupa bazar makanan di sekolah. Kegiatan ini berkaitan dengan beberapa hal yang berisi kegiatan agar murid memiliki keterampilan mencari informasi, merencanakan kegiatan, memasak, mengemas makanan hingga menyajikan menjadi dagangan yang bermutu tinggi.

Program tersebut juga sejalan dengan filosofi KHD bahwa pendidik hendaknya menuntun murid sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Dengan memperhatikan hal tersebut, pada program kuliner, dimana murid harus disiapkan memiliki keterampilan yang sesuai dengan budaya lokal di lingkungan murid. Pelibatan murid dalam kegiatan haruslah mempertimbangakan Suara (Voice), pilihan (Choice), dan kepemilikian (Owner). 

 

4. Future

 

Setelah mencoba berdiskusi secara asinkoron, CGP mulai paham alur merencanakan sebuah kegiatan. Selama ini setiap akan membuat kegiatan, tidak selalu mempelajari aspek SUARA-PILIHAN-KEPEMILIKAN murid. Ke dapan, CGP akan senantiasa mempertimbangkan aspek tersebut.

Adapun yang terkait dengan 7 modal atau kekuatan yang ada di sekolah, seperti yang dipelajari di modul 3.1, bahwa sebisa mungkin CGP harus jeli dalam menemukenali asset yang ada. Dengan ditemukenali asset yang ada, diharapkan CGP mempu membuat dan merencanakan program yang berdampak pada murid.

Saya siap merancanakan program berdampak pada murid dengan melibatkan murid.

 

Guru hebat adalah guru yang membuat murid menjadi hebat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...