Senin, 14 November 2011

radio ganti nama (II)


streaming di www.jogjastreamers.com
Radio BIKIMA, begitulan namanya... mengudara dari kawasan Kalasan Sleman. Saya mendengarkan Radio ini sejak masuk ke jogja, tahun 1998. Radio ini begitu favorit, lantaran minim iklan. Satu telpon satu lagu. Ekslusifitas lagu ini ternyata menjadi daya tariknya.
Waktu pun berganti, cengkok bikima yang khas ini ternyata sudah dipunyai oleh Radio Sonora. Hingga akhirnya tanpa malu-malu mengubah namanya menjadi SONORA Yogyakarta, setelah pindah ke Jl. Wachid Hasyim 256-258 (Ndalem Tejokusuman) Yogyakarta.


Pada rilisnya. Radio Sonora 97,4 FM, mengklaim diri  telah mewarnai dunia radio news di Yogyakarta sejak beberapa tahun terakhir ini. Dengan mengambil segmen menengah ke atas dalam hal segalanya, baik usia, status sosial, dan pendidikan, Radio Sonora Yogyakarta mencoba mencari yang terbaru, yang pertama, dan yang belum pernah diambil oleh radio lain, yaitu dengan mengangkat suatu berita dengan sistem laporan langsung (live report) dari tempat kejadian.
Masyarakat Yogyakarta merespon sistem ini sebagai suatu hal yang baru karena menginformasikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat itu juga. Apa yang diberitakan Sonora sangat beragam, mulai dari Politik, Ekonomi, Seni Budaya, Olahraga, dan sebagainya.
Bahkan informasi lalu lintas Sonora telah menjadi Trademark tersendiri, yang tidak dimiliki oleh radio lain di Yogyakarta. Semua dikemas oleh Sonora Yogyakarta dengan sistem Live Report. Sistem yang sudah dibangun ini, secara langsung maupun tidak telah membawa perubahan tentang sistem pemberitaan dari media bernama "Radio" di Yogyakarta, sehingga tak heran bila Radio Sonora menjadi patokan bagi radio-radio lain.

2 komentar:

  1. Di Jakarta juga ada Radio Sonora, mungkin satu grup usaha dg Radio Sonora Jogja.
    Satu2nya yg saya kurang suka dari radio ini, adalah terlalu sering memberitahu waktu/jam. Tidak jarang lagu yg sedang diputar terpotong oleh info waktu.

    BalasHapus
  2. mas agus. hehehe, lha yang di jakarta khan emang biangnya SONORA pak.

    BalasHapus

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...