Kamis, 22 Juni 2023

Jurnal Refleksi Dwimingguan 13



Jurnal Refleksi Dwimingguan 13 (4 Juni – 18 Juni)

PERISTIWA

Rentang waktu dwiminggu ketiga belas, aktivitas di LMS sudah sangat berkurang banyak. Ini merupakan sebuah keuntungan bagi CGP untuk mempersiapkan diri menghadapi Sumatif Akhir Tahun (SAT) 2022/2023. Hanya beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan tanpa tergesa-gesa namun harus tetap fokus.

Setelah dilaksanakannya lokakarya 5 pada Hari Ahad tanggal 4 Juni 2023, pada hari rabu tanggal 7 Juni 2023 langsung dilaksanakan pendampingan individu 6 oleh pengajar praktik. Waktu begitu cepat, tiba-tiba sudah PI 6.

Pada saat PI 6 CGP melakukan pengisian kuisioner dan angkat perkembangan CGP selama melaksanakan pendidikan. Ada 5 guru yang harus mengisi kuisioner, 5 murid, dan kepala sekolah. Hasil dari pengisian dianalisis dan digunakan untuk tindak lanjut perbaikan pengembangan CGP.

Pada hari Ahad 18 Juni 2023 dilaksanakan lokakarya 6 di SMP Negeri 6 Sragen. Lokakarya 6 ini membicarakan aksi yang akan dilakukan oleh CGP dan prakarsa perubahan yang melibatkan aset di sekolah.

 

PERASAAN

CGP merasa sangat senang, karena mendapat teman baru dari PP yang lain saat lokakarya 6. Dengan berinteraksi di lokakarya ini, CGP mendapat kesempatan menimba ilmu baru. Ada perasaan bangga ketika masing-masing CGP mengapresiasi prakarsa perubahan yang dilakukan oleh CGP lainnya.

Rasa khawatir sempat muncul, mengingat waktu tersebut digunakan untuk menyelesaikan rapor kenaikan kelas, dan proses input nilai kelas 6 yang akan digunakan untuk PPDB SMP. Walaupun CGP tidak memasukkan sendiri, namun CGP turut bertanggung jawab akan kegiatan tersebut.

Saat CGP mendalami materi paket modul 1, paket modul 2, dan modul 3.3 ini, CGP merasa banyak yang harus diperbaiki, terutama dalam memfasilitasi murid untuk belajar, dan cara pandang dalam pengelolaan sumber daya sebagai modal/aset dan pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Dari momen tersebut, CGP merasa tergerak untuk memperbaiki cara pandang sebagai guru dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid agar terwujud kepemimpinan murid

 

PEMBELAJARAN

Dari 2 minggu ini, CGP  mendapat ilmu untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang pendidik dan sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang harus mampu mengelola program yang berdampak positif pada murid. Sebelum mempelajari modul 3.3 ini, CGP berpikir bahwa sebagai pemimpin dalam pengelolaan program yang berdampak positif ada murid hanya melihat satu sisi tanpa memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid. CGP hanya tahu bahwa peran guru dan kepala sekolah sudah cukup untuk melaksanakan perubahan di sekolah,  serta perbaikan kualitas pembelajaran.

Dari pembelajaran modul 3.3 ini, CGP sadar diri dan terus melatih keterampilan sebagai pemimpin dalam pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Selain itu, pada aktivitas modul 3.3 ini, CGP yakin bahwa untuk menumbuhkan jiwa dan perilaku kepemimpinan pada murid dalam proses belajar, maka ada tiga aspek yang dapat ditinjau, yaitu suara murid, pilihan murid, dan kepemilikan murid yang perlu dipertimbangkan dengan baik oleh guru.

Pilihan (choice) seorang murid akan sangat penting, dimana murid dapat mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka. Melalui pemilihan dan kepemilikan, maka suara (voice) mereka dapat diwujudkan. Ketiga aspek tersebut harus senantiasa direncanakan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya pelibatan student agency atau kepemimpinan murid, penumbuhkembangan profil pelajar Pancasila akan bisa dilakukan secara nyata dan akurat.

 

PENERAPAN

Dari seluruh pembelajaran modul PGP ini, CGP termotivasi untuk menjadi bagian dari perubahan dan mencoba mulai dari diri sendiri untuk melakukan hal terbaik dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan kepemimpinan murid. Potensi yang ada dan berkaca pada rapor mutu pendidikan, membuat CGP yakin untuk melaksanakan perubahan.

Dari rangkaian aktivitas pembelajaran, mulai dari modul 1 hingga 3, CGP semakin termotivasi untuk melaksanakan rancangan program yang berdampak positif di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen.

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...