Selasa, 11 Maret 2014

Belajar tiada henti

Alhamdulillah, akhirnya netbook tua saya bisa digunakan untuk belajar lagi. Kali ini saya mencoba membuat web dengan menggunakan CMS Formulasi. Setelah setahun yang lalu diluncurkan, baru hari ini saya berhasil menginstalnya. Mengapa saya haru belajar ini? Ya karena tergelitik dengan website sekolah yang terlantar, karena tidak bisa mengeditnya, hingga vakum dan mati suri. Karena memang dahulu (mungkin) belum dipikirkan alasan membuat website, model pemutakhiran data, hingga adminnya.Okelah, itu masa lalu yang perlu diperbaiki dan dipersiapkan untuk kemajuan yang lebih baik.
 
Sebelum melangkah jauh, ada baiknya mengenal mengenai CMS FORMULASI.  CMS Formulasi adalah sebuah sistem manajemen konten (Content management system)yang dapat anda peroleh secara gratis, sebuah sistem sederhana yang kali pertama dibangun dari nol oleh sdr. Ari Rusmanto yang diberi nama Shoolhos. Seiring berjalannya waktu CMS ini ada beberapa perbaikan kode oleh sdr. Fauzan A Mahanani kemudia berubah nama menjadi CMS Formulasi.
 
Pertama yang dilakukan adalah menginstal XAMPP.  Ini  saya ibaratkan sebagai lahan untuk rumah (web) yang akan dibangun.
Kedua menginstal CMS Formulasi.
Ketiga mengedit
Keempat, mempublikasikan web tersebut.
Saat ini, baru sampai tahap tiga awal, mengganti dan mengisi konten. Semoga diberi ketetapan hati untuk mengeditnya sampai jadi.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...