Senin, 04 Juli 2011

panik

pagi tadi saya mencoba menghapus partisi hardisk di windows 7 dengan menggunakan epm, tool pemartisi gratisan. perlu diketahui, saya menggunakan dual OS, yaitu windows 7 dan Ubuntu.

setelah berhasil menghapus partisi, program minta di restart, dan dari sinilah hal-hal yang tidak saya inginkan terjadi.
pas booting.... tidak bisa, karena harus melewati GRUB nya ubuntu, sehingga saya tidak bisa masuk ke UBUNTU  ataupun Windows 7.
beruntung saja saya masih punya kabel USB to IDE, untuk menghubungkan CDRW saya ke dalam netbook.
saya kemudian booting menggunakan UBUNTU 10.04 Live CD, kemudian mencoba konek ke google menggunakan HUAWEI e160, akhirnya ketemu caranya.
sebelum melakukan langkah selanjutnya, saya mencari *.iso ubuntu 11.04 untuk saya buat ufd live usb.
setelah selesai, saya kemudian berpikir, kalo langsung saya "repair", jangan2 MBR windows7 tidak kedetek alias tidak kebaca di GRUB. saya masih cari2 artikel yang menjamin bahwa MBR windows7 tidak hilang, akhirnya ketemu di situs ini.

....kelamaan ceritanya...
singkatnya begini :

1. Siapkan CD Ubuntu 11.04, pake live usb juga boleh deh,,
2. setting pengaturan Booting nya di BIOS.. kalo pake CD ya pilih booting awal dengan CD, klo dari flash disk ya pilih booting dari ufd.
3. Selanjutnya tunggu sampai pada layar Ada pilihan Boot Ubuntu muncul, Pilih Try Ubuntu..
4. Setelah masuk pada tampilan Desktop Ubuntu, buka Terminal , atau tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F2
5. Cek partisi Linux Anda dengan menggetikkan perintah : sudo fdisk -l
6. Setelah anda menggetahui partisi Linuxnya, seperti pada laptop saya terdapat 2 partisi sda5 Mount ( / ) dan sda6 Mount (/home), saya pilih Bootloader sda5 karena sda5 merupakan system dari ubuntu, sedangkan sda6 untuk menyimpan file – file dokument. Kemudian lakukan mounting sebagai berikut :
sudo mount -t ext4 /dev/sda5 /mnt
sudo mount -t proc proc /mnt/proc
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev
sudo chroot /mnt/ /bin/bash
7. sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR, perintahnya :
grub-install /dev/sda
ntar muncul pesan seperti ini..
Installation finished. No error reported.
This is the contents of the device map /boot/grub/device.map.
Check if this is correct or not. If any of the lines is incorrect,
fix it and re-run the script `grub-install
(hd0) /dev/sda
(hd1) /dev/sdb
8.sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya, Dalam contoh ini Partisi linux saya berada pada partisi sda5, perintahnya :
grub-install /dev/sda5
Hasilnya muncul pesan seperti ini:
grub-setup: warn: Attempting to install GRUB to a partition instead of the MBR. This is a BAD idea.
grub-setup: warn: Embedding is not possible. GRUB can only be installed in this setup by using blocklists. However, blocklists are UNRELIABLE and its use is discouraged.
Installation finished. No error reported.
This is the contents of the device map /boot/grub/device.map.
Check if this is correct or not. If any of the lines is incorrect,
fix it and re-run the script `grub-install
(hd0) /dev/sda
(hd1) /dev/sdb
9. Ketik update-grub. Hasilnya seperti di bawah ini:
Generating grub.cfg …
Found linux image: /boot/vmlinuz-2.6.31-14-generic
Found initrd image: /boot/initrd.img-2.6.31-14-generic
Found memtest86+ image: /boot/memtest86+.bin
Found Microsoft Windows 7 Loader on /dev/sda1
done
PS: Tip ini penting untuk mencegah kasus Windows yang tidak bisa booting dan selalu muncul pesan error: no such device, meski tampil (dan bisa dipilih) pada menu bootloader.
10. Sekarang ketik reboot untuk merestart komputer. Hasilnya, bootloader akan kembali seperti semula.
11. Jangan lupa mengeluarkan LiveCD Ubuntu atau Flashdisk (berisi OS Ubuntu) yang dipakai untuk booting tadi. Jika tidak, komputer akan booting lagi dari CD/Flashdisk.
nah setelah di reboot kadang windows belum muncul. tenang saja, masuk kembali ke linux kalian, (berdasar yang saya alami) lalu buka terminal di Linux kemudian ketik perintah di terminal
update-grub
lalu akan muncul update grub kalian. tutup terminal, reboot kembali komputer Anda dan di grub pilihan akan muncul Windows.
Selamat Mencoba  :D

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...