Kamis, 09 Januari 2014

MEMASUKKAN FILE OFFICE KE DALAM BLOG

Seiring dengan perkembangan penyampaian materi dalam pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk lebih bisa memfasilitasi gaya belajar siswa, abik di sekolah atau di rumah. Materi pelajaran dan soal basanya dibawa pulang dalam bentuk hard copy (lembaran kertas).

Namun, ada beberapa siswa yang mungkin di rumahnya tersedia sambungan internet, bisa mengakses file yang diberikan guru dalam bentuk soft file. Guru dalam hal ini bisa memilih untuk menuliskan materi ataupun soal dalam blog.
Cara sederhana yang digunakan adalah menulis materi dan soal di blog, baik menulis langsung maupun hasil dari copy-paste di dokumen. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling mudah dilakukan oleh guru.
Permasalahan yang terjadi kemudian adalah, ketika materi maupun soalnya mempunya banyak gambar, format tulisan, baik lambang bilangan pecahan, kimia, ataupun fisika. Meskipun blogger memfasilitasi penulisan dengan menggunakan kode html, namun hal ini dirasa kurang efisien.
Salah satu cara untuk menampilkan secara utuh, kali ini kita akan belajar menampilkan file office ke dalam blog.

Berikut Langkah-langkahnya.
a. Jika anda belum memasukkan file
1. masukkan file kedalam google drive, caranya klik upload, pilih file, opload.
b. jika sudah punya file
2. buka file nya
3. klik file, pilih publish to the web
4. klik start publisihing
5. copy embed link
6. paste di posting, pada html
7. selesai


1 komentar:

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...