Kamis, 13 April 2017

bangga sebagai bangsa Indonesia


Bicara tentang Indonesia, tentu tidak lepas dari istilah kebhinnekaan. Bentang alam yang memanjang dari Sabang sampai Merauke, Dari Mianggas sampai Rote. Laksana hamparan mutiara, berupa ribuan gugusan pulau yang dihuni maupun tidak dihuni. Keindahan alam yang semakin eksotis, juga dalam ragam adat istiadat.

Ribuan suku bangsa yang mendiami negara yang kita cintai ini, yang tentunya juga menurunkan ribuan adat istiadat, tingkah laku, rumah adat dan tata nilai kehidupan yang beragam.

Adalah mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, salah satu cara mengenal dan melihat langsung keanekaragaman budaya nusantara. Namun ada cara lain yang lebih murah, yaitu membuat diorama rumah adat nusantara.

Salah satu kegiatan pembelajaran kelas tiga (3) adalah membuat diorama rumah adat nusantara. Berbekal dengan gambar dan barang bekas, siswa-siswi kelas tiga secara berkelompok membuat dan menyajika hasilnya.

Semoga dengan membuat karya ini, mereka mampu mencintai Indonesia dan bangga sebagai anak Indonesia



 Tak pelak, keragaman ini, menyatukan bangsa yang berdaulat. Bhineka Tunggal Ika adalah semboyang "roh" penyatu anak-anak negeri. Keunikan ini pulalah yang membuat Indonesia sangat dicintai oleh warga negara asing. Banyak diantara mereka menghabiskan waktu di Indonesia. Belajar budaya dan adat istiadat adalah salah satu target mereka selama di Indonesia. Bahkan, banyak diantara mereka yang kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/welhelmus/cara-cepat-mengenal-budaya-di-indonesia_5517cf9ba333117e07b660ee

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...