Kamis, 01 September 2016

PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP

A.  Pertumbuhan pada Manusia
Semua makhluk hidup di bumi selalu mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan yang terjadi pada suatu makhluk hidup ditandai dengan bertambahnya tinggi, besar, dan berat badan. Pertumbuhan manusia dimulai sejak dalam kandungan. Setelah lahir, bayi tersebut akan bertambah besar, berat, dan tinggi seiring bergantinya hari, bulan, dan tahun. Perubahan manusia dari bayi menjadi orang yang dewasa disebut perkembangan.
 












B.  Pertumbuhan pada Hewan
Anak ayam yang baru keluar dari telur, tubuhnya kecil dan ringan. Lalu, anak ayam tersebut tumbuh. Tubuhnya bertambah berat dan bertambah tinggi. Selain perubahan ukuran tubuhnya, anak ayam pun mengalami perubahan pada warna bulunya. Sama halnya dengan manusia dan tumbuhan, hewan pun memerlukan makanan dan harus dirawat dengan baik, agar pertumbuhan hewan dapat berlangsung dengan baik.

C.   Pertumbuhan Tumbuhan
Sama halnya dengan manusia, tumbuhan pun mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan dapat diamati dari pertambahan ukuran. Pertambahan itu terjadi di akar, batang, dan daun. Tumbuhan akan subur jika disiram air dan diberi pupuk secara teratur. Selain air dan pupuk, tanaman juga memerlukan cahaya matahari.

0 komentar:

Posting Komentar

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...