Sabtu, 29 Januari 2011

FOOTNOTE (CATATAN KAKI)


materi kelas 4

Catatan kaki, atau dikenal dengan istilah footnote adalah keterangan tambahan yang terletak di bagian bawah halaman dan dipisahkan dari teks karya ilmiah oleh sebuah garis sepanjang dua puluh ketukan (dua puluh karakter) .

Kegunaan Catatan Kaki (footnote)
Menjelaskan referensi yang dipergunakan bagi pernyataan dalam teks (catatan kaki sumber atau reference footnote).
Menjelaskan komentar penulis terhadap pernyataan dalam teks yang dipandang penting, tetapi tak dapat dinyatakan bersama teks karena dapat mengganggu alur tulisan.
Menunjukkan sumber lain yang membicarakan hal yang sama (catatan kaki isi atau content footnote). Jenis catatan kaki ini biasanya menggunakan kata-kata: Lihat …, Bandingkan …, dan Uraian lebih lanjut dapat dilihat dalam …, dan sebagainya. Dianjurkan penggunaannya tidak berlebihan agar tidak menimbulkan kesan pamer. Penggunaan ungkapan tersebut perlu secara konsisten dan benar.

CARA MEMASUKKAN FOOTNOTE :
1. Klik menu Insert
2. pilih References, lalu pilih footnotes.
3. Muncul jendela seperti pada gambar 2.
Ket :
Location: Pilih footnotes, apabila catatan yang ditambahkan ditampilkan di bawah halaman, endnotes dipakai apabila catatan tersebut tampil di akhir dokumen.
Format number : pilihan penomoran
4. Klik insert
5. Ketiklah catatan yang akan dimasukkan.
6. Setelah selesai, klik 2x dokumen utama, untuk melanjutkan pengetikan.



1 komentar:

Mencari hasil penelitian menggunakan publish or perish

Sebagai guru, kita tentunya harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan membaca artikel yang ada pada jurnal secara rutin. Hal ini diguna...